Tuesday, 5 May 2020

APLIKASI YANG SUKSES BIKIN ANTI KECANDUAN GADGET SELAMA DI RUMAH


Kelamaan di rumah memang seringkali bikin lupa waktu. Apalagi dalam mengelola penggunaan gadget. Pernah gak sih kalian mengalami ketika bangun tidur yang diawali membuka notifikasi HP ternyata berujung scrolling social media sampai gak terasa sudah menghabiskan waktu selama 1 jam. Bingung mau ngerjain apa lagi kemudian iseng-iseng cari ide di social media dan browser gak taunya malah mencari hiburan lain yang gak sesuai dengan tujuan awal.  Gak terasa banget ya kita sudah wasting time sama hal-hal yang gak memiliki esensi.

Sebagai ibu rumah tangga, menghabiskan banyak waktu dengan gadget akan mengacaukan seluruh pekerjaan rumah tangga yang seharusnya bisa selesai sesuai waktu yang ditentukan. Misal kalau aku nekat mau buka notifikasi HP setelah bangun tidur, ujung-ujungnya waktu untuk menyiapkan sarapan buat anak-anak terpaksa molor. Cuci piring jadi ikut molor. Yang awalnya mau setrika ujung-ujungnya jadi males dan harus menerima kenyataan setrikaan semakin menumpuk dan beranak pinak.

Capek banget kan moms kalau gini terus. Makanya sebagai ibu rumah tangga yang SMART memanajemen waktu, kita perlu banget bantuan fitur aplikasi yang bikin gak lupa waktu sama gadget. So, kali ini aku mau review fitur yang selama ini aku pakai untuk memanajemen penggunaan gadget dan waktu kita jadi gak banyak kebuang hanya untuk scrolling dan checking hal yang gak bermanfaat. Lets check this out!

1. Digital Wellbeing & Parental Control

Fitur ini bisa kita temukan di pengaturan/setting pada HP Android. Silahkan check  setting kalian dan temukan sub menu ini setelah scrolling ke bawah. Fitur ini gampang banget digunakan dan noo ribet-ribet. 
Setelah itu kita bisa check berapa jam per hari kita menghabiskan waktu dengan gadget, aplikasi apa aja yang kita buka dan besaran waktunya. 

Nah, dari sini kita jadi tahu kalau hari ini aku baru saja buka satu aplikasi yaitu whatsapp dan terhitung sudah 10 menit. 

Selanjutnya, kita bisa mengatur waktu aplikasi yang sering banget bikin kita lupa waktu. Semisal kita dalam sehari kita mau membatasi membuka instagram 1 jam per hari. Setelah 1 jam penggunaan, otomatis aplikasinya gak bisa dibuka lagi dan harus menunggu keesokan harinya. Berbeda kalau kita cuman log out instagram saja, bisa jadi perasaan ingin tetap log in masih bisa terjadi. Tapi dengan setting ini, kita benar-benar gak bisa lagi buka sampai keesokan harinya.

Caranya klik ways to disconnect dan kita akan menemukan dashboard untuk mengatur waktu aplikasi yang ingin kita batasi penggunaannya.

Nah, dari situ kalian bisa lihat kalau aku set timer ke 3 aplikasi yaitu whatsapp, youtube, dan instagram. Whatsapp aku batasi maksimal 2 jam, instragam 1 jam 30 menit, dan Youtube 1 jam 50 menit. Aku pilih 3 aplikasi itu karena aplikasi ini paling banyak buang kuota dan bikin aku jadi lupa diri hehe. Jadi pengaturan alarm bisa kalian sesuaian sendiri aplikasi apa aja yang ingin kalian batasi penggunaanya. Gampang banget kan pakainya. Dijamin waktu kita bisa termanajemen dengan baik dan gak perlu buang-buang waktu untuk screen time selama di rumah aja. 

2. Aplikasi MOMENT

Aplikasi ini bisa kalian unduh di app store dan google play. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan digital wellbeing yang aku review sebelumnya. Kita jadi tahu selama sehari berapa waktu yang kita habiskan dan aplikasi apa saja yang kita buka dalam sehari secara detail. 


Selain itu aplikasi ini juga punya fitur COURSE yaitu panduan agar kita bisa tidur lebih nyenyak, lebih fokus, terhindar dari gangguan screen time, dan lain sebagainya. 
Dengan bantuan course dalam aplikasi, mereka akan selalu memberikan alarm jika kita masih suka check HP tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Misal di course better sleep, kita hanya diperbolehkan check HP selama berapa jam. Lalu antara jam 9 sampai jam 5 pagi kita diminta untuk tidur. Semisal jam 10 kita iseng mau check sosial media, otomatis HP kita akan berdering terus yang berasal dari aplikasi ini karena mengingatkan kalau ini jam tidur kamu dan kamu gak dibolehkan untuk check HP sama sekali.

Nah, keren banget kan dua aplikasi tadi. Dijamin bisa membantumu memanajemen waktu dengan baik. So far, aku memang lebih sering pakai yang setting digital wellbeing saja karena lebih mudah dan praktis. Mau scrolling social media silahkan asal sesuai waktu yang ditentukan. Kalau waktunya sudah selesai, otomatis sosmednya tidak akan bisa terbuka sama sekali sampai keesokan harinya. Sadis khaaan...

Memang sih, untuk disiplin memang perlu pengorbanan dan keinginan kuat. Manajemen waktu penting banget dalam situasi pandemi ini supaya kita tetap produktif meski di rumah saja. Selamat mencoba :)

#BPNRamadhan2020
#BPNRamadhanChallenge
#BloggerPerempuanNetwork
#BPNRamadanChallengeDAY10

0 comments:

Post a comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh