Friday, 24 April 2020

5 PERUBAHAN DALAM KELUARGA SELAMA PANDEMI COVID 19: NOMER 5 KAMU WAJIB TAHU!

Semenjak Pemerintah memberlakukan physical distancing selama wabah COVID 19, hampir semua perusahaan, sekolah, dan instansi lainnya memberlakukan WORK FROM HOME dan STUDY AT HOME. Artinya hampir semua masyarakat diminta untuk STAY AT HOME dengan tujuan untuk memperlambat penebaran virus COVID yang sudah menyebar di hampir seluruh negara di dunia. 

Sejak pertengahan Maret 2020, sudah banyak para pekerja mulai bekerja dari rumah. Tentunya ini menjadi hal yang sangat mendadak ya bagi semua orang.  Jadi dengan situasi serba mendadak ini, pasti bakal banyak sekali perubahan yang dirasakan khususnya bagi warga yang terdampak seperti para pengusaha, pebisnis, dan pekerja yang mengandalkan gaji harian untuk bertahan hidup. 

Di setiap keluarga-pun juga akan ngerasain perubahan yang berbeda dimana biasanya anak-anak sekolah, sekarang di rumah aja. Orang tuanya berkerja keluar, sekarang semua bekerja dari rumah. Para ibu pekerja juga akan menghadapi tantangan baru bagaimana caranya bisa bekerja sambil ngurus kerjaan domestik dan anak-anak. Pastinya semua akan memerlukan penyesuaian pada masing-masing keluarga.

Terus apa aja nih perubahan yang bakal dialami oleh masing-masing keluarga selama pandemi ini? Yuk kita simak satu-persatu:

1. Keluarga akan bertemu selama 24/7 .   
                                                             
https://www.baylor.edu/

Kumpul bareng keluarga memang selalu menyenangkan ya. Hal yang memungkinkan terjadi saat pandemi ini adalah anggota keluarga bisa saling membangun momen berkualitas dan membangun bonding satu sama lain. Namun tidak bisa dipungkiri kemungkinan yang terjadi adalah justru lebih banyak konflik yang terjadi terutama konflik antar pasangan. Biasanya anak/pasangan memilih keluar rumah sejenak untuk menghindari konflik yang ada, namun sekarang semua harus terselesaikan di rumah. Bagaiamana tiap anggota keluarga bisa sama-sama survive untuk bisa saling menurunkan egonya masing-masing. Wah, pasti nano-nano banget ya.

2. Mulai ngerasain ritme kegiatan sehari-hari mulai berubah. 
                                                      

Yang awalnya biasa bangun pagi sekarang bangunnya jadi tambah molor. Yang awalnya waktu buat scrolling sosmed bisa dimimalisir, sekarang jadi tambah makin sering. Yang awalnya mungkin jadi jarang masak, sekarang jadi tambah rajin masak deh. Berada di rumah terkadang bisa bikin seseorang lupa waktu. Apalagi buat wanita karier tentunya akan merasakan hal yang beda saat bekerja di rumah. Yang biasanya semua bisa terfokus di kantor, sekarang harus dihadapkan banyak distraksi seperti anak rewel, bayang-bayang cucian menumpuk, dan lain sebagainya. Untuk itu buat para working mom perubahan ini bakal dirasakan saat di rumah dan semua perlu dibuat perencanaan agar dapat terhindar dari stress dan mampu menyesuaikan diri dengan baik.

3. Pola makan yang mengalami perubahan.                                                                                   

Bagi yang biasa coping stress dengan cara makan, ini bakal bikin angka timbangan badan kamu bakal makin geser ke kanan. Tapi ada juga yang jadi gak nafsu makan karena ngerasa stress dan boring gara-gara kelamaan di rumah. Atau karena keinginan beli makan di luar cenderung menurun, moms jadi sering masak beraneka ragam masakan untuk mengisi waktu di rumah bersama keluarga. Bisa jadi kemungkinan tambah sehat, atau bisa juga badan jadi berat karena mengkonsumsi makanan berlebihan. Hal kayak gitu juga perlu dipertimbangkan resiko yang terjadi ya :)

4. Finansial managemen yang jadi berantakan.     
                                                               

Biasanya pendapatan sudah kita alokasikan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Berapa budget makan untuk seminggu, goceries untuk sebulan, transportasi untuk seminggu berapa, dan lain sebagainya. Nah, saat semuanya harus dilakukan di rumah, ada beberapa kemungkinan terjadi. Pertama, mungkin kamu bakal lebih hemat karena pengeluaran untuk transportasi maupun jajan masih bisa ditabung. Kedua, bisa jadi bakal lebih boros karena ngerasa kalau di rumah aja justru yang sering kita lakuin adalah lebih banyak scrolling online shop dan membeli barang yang sebenarnya lagi gak kita buttuhin. Atau juga karena lagi bikin nyobain aneka masakan yang justru berimpas pada over budget.

5. Perubahan suasana hati.     
                                                                                              

Karena penularan virus yang begitu cepat dan bahkan belum ditemukan obatnya, bisa jadi kita bakal ngerasain streess, cemas, psikosomatis, yang justru bikin imun tubuh kita jadi nge drop. So, memfilter informasi atau avoid sejenak dari pemberitaan bisa bikin kita jadi lebih tenang dan ketakutan berlebih terhadap pandemi ini. 

Nah, udah saatnya setiap keluarga sudah saling memahami ya perubahan yang bakal terjadi. Dengan mengetahui perubahan ini, keluarga bisa semakin membangun solidaritas agar mampu bersama-sama memerangi virus Corona ini. 

#BPNRamadhan2020
#BloggerPerempuanNetwork
#BPNRamadanChallengeDAY2

0 comments:

Post a comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh