Monday, 30 March 2020

5 IDE PERMAINAN ANAK DENGAN CAT AIR TITI JOYKO

Selama diberlakukan aturan #stayathome selama wabah covid 19 ini, ada banyak hal yang masih bisa aku syukuri. Suami jadi lebih banyak waktu sama keluarga, dan juga aku kembali rajin bikin permainan sama anak-anak. Secara lah ya, kerjaanku sebagai freelancer ngurusin biro psikologi dan sedang establish  TK terpaksa harus diminimalisir untuk sementara waktu.

So, hampir tiap hari aku harus mempersiapkan ide bermain buat anak-anak biar mereka gak ngerasa bosen di rumah terus. Wajar donk ya, kodratnya anak-anak memang bermain. Apalagi main outdoor keliling komplek, main di playground, anakku doyannya kebangetan. Makanya emaknya ini lagi berusaha terus nyari ide biar pada gak merengek terus minta dibukain gerbang rumah. Cukup di halaman rumah aja ya sayang sambil berjemur dan main sepedaan.

Beruntungnya meski dibatasin keluar rumah, kita masih bisa beli apapun via online shop. Kebetulan kemaren aku sempet beli beberapa perlengkapan TK seperti kuas, art foam, cat air, dan tempat cair buat persiapan trial class. Nah tapi karena trial class terpaksa harus ditunda dalam kurun waktu yang tidak menentu ini, cat airnya dipakai dulu aja deh. 

Waktu nyari cat air di shoppee, aku coba cari dari penjual star seller dan juga lihat komentar dan foto dari para pembeli. Akhirnya pilihanku ke water colors merek Titi Joyko. Waktu paketannya sampai, ternyata respon pembeli yang bilang bagus emang sesuai dengan yang aku coba diawal. 


Apa aja sih keunggulan Titi Joyko watercolors dibandingin yang lain?

  1. Teksturnya gak lengket dan gak gampang kering jadi bisa banget diaplikasikan dimana aja. Bisa pakai kuas, stempel dari art foam, cotton bud, buble wrap, dll. Jadi anak bisa pakai cat airnya dengan menggunakan media apapun tanpa harus takut catnya gak nyampur/menyatu di kertas.
  2. Terdiri dari 24 warna cerah dan jelas serta pigmen berkualitas tinggi. Jadi anak bisa milih warna yang lebih bervariasi mulai dari warna yang smooth sampai yang warna terang menyala. 
  3. Produk ini non toxic jadi aman banget dipakai buat anak. Dengan volum 6 ml per tabung, cat ini bisa dicampurkan dengan sedikit air sehingga bisa dipakai secara maksimal meskipun sedikit. 
Nah setelah tau rekomendasi cat air yang bagus digunakan, kita mulai yuk berkreasi bersama anak-anak dengan menggunakan bahan dasar Titi Joyko water colors. 

1. Art Hand Printing, membuat cap tangan warna-warni

art hand printing

Cara bermain art hand printing:
  1. Tuangkan sedikit water color ke tangan anak. Ratakan dengan kuas air. 
  2. Minta anak menempelkan ke atas kertas yang disediakan
  3. Ulangi lagi dengan warna yang berbeda sehingga akan terbentuk lukisan tangan yang berwarna warni
2. Straw Painting, melukis dengan sedotan/ujung stick lem tembak


Bosen ngelukis pakai kuas mulu? coba deh pakai sedotan atau ujung stick lem tembak buat bikin pattern lucu. Kebetulan di rumah ada buku finger prints jadi tinggal kreasikan deh di gambar yang sudah disediakan. Tapi kalau gak ada, bisa dicoba donk dengan cara dibawa ini:
  1.  Sediakan print out gambar dengan warna polos dengan gambar yang anak suka
  2. Tuangkan water color ke dalam piring cat air
  3. Minta anak untuk menempelkan ujung sedotan ke cat air lalu tempelkan ke atas gambar dengan pola sesuka hatimu
Tada, akhirnya gaun pesta princess Sofia sudah cantik berwarna warni. Seru banget kan ? :)

3. Rainbow Finger Print
rainbow finger print by Aisyah

Yuk lukis pelangimu dengan cap jari berwarna warni. Caranya:
  1. Siapkan bentuk pelangi polos tanpa warna
  2. Tuangkan cat air ke dalam piring cat
  3. Minta anak menaruh ujung jarinya ke dalam cat lalu tempelkan ke atas gambar dengan warna yang berbeda
Gampang banget kan. Kalian juga bisa bikin gambar beraneka ragam dengan finger print loh. Buatlah cap jari diatas kertas, lalu buatlah bentuk dengan pensil/ pena menjadi berbagai macam gambar seperti kodok, jelly fish, dan lain sebagainya.

4. Bubble Warp Painting

Kalau habis beli barang yang ada bubble wrapnya, jangan buru-buru dibuang ya. Banyak banget ide yang bisa dilakukan dari bubble wrap, salah satunya melukis dengan menggunakan bubble wrap. Simak dulu yuk caranya:

  1.  Siapkan bubble wrap lalu berikan cat air warna warni diatasnya
  2.  Cetak bubble wrap ke atas gambar yang ini diwarnai
  3. Tada, jadi deh kupu-kupu dan sarang lebah dari lukisan bubble wrap

5. Painting with Plastic Bag

Kantong plastik bekas buku, pakaian, jilbab, dll jangan keburu-buru dicemplungin ke tempat sampah ya. Kita pakai aja yuk buat bikin lukisan kereen dan pasti seru dimainkan anak. Caranya sebagai berikut.
  1. Tuangkan cat air kedalam plastik dengan warna yang beraneka macam
  2. Minta anak untuk meratakan dengan tangan
  3. Warna akan melebur menjadi pola yang lucu
  4. Minta anak untuk membuat gambar diatas pola tersebut
  5. Jangan lupa dibingkai dan ditaruh di ruang bermain anak ya :)
Nah, itu tadi 5 ide permainan  art & craft anak dengan cat air.  Anak harus punya pengalaman bermain art & craft ya Ay Bun. Karena permainan art bisa menstimulus kecerdasan anak secara optmal. Dan tentunya anak akan lebih kreatif jika kita bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah. Selamat mencoba :)

16 comments:

  1. Wih asyik nih emang main kreatif warna warni.
    Itu Pak Zeri jdi fotografer atau hapenya aja yg disita. ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwk hapenya disita bicik apa daya kamera hpku buram

      Delete
  2. Wahhh seru banget ya mba bisa main main dengan cat air yang penuh warna warni aku mau juga ah, arcy mau ga main sama aku ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  3. mau banget donk kan temen sepermainan sama kaka paci wkwk

    ReplyDelete
  4. Keren-keren ide gambarnya, emang ada sisi positifnya kita dirumah aja ya mbak, jadi tambah kreatif dong, makin pinter nih arcy

    ReplyDelete
  5. Wah senangnya anak2 diajak berkreasi seperti ini.. permainan seperti ini merangsang kreatifitas anak ya Mba..

    ReplyDelete
  6. Mantapp idenya๐Ÿ˜ badewei ada yg jumlah warnanya 12 aja ga? Siapa tahu lebih murahan, alasannya biar lebih kreatif belajar campuran warna, pdhl mamak ga mau rugi banyak๐Ÿ˜… hohoii

    ReplyDelete
  7. Lihat bubble wrap itu kok aku gemes yah, Mbak, mau pecahin ๐Ÿ˜‚. Satu lagi Mbak tambahan teknik menggambar menggunakan batang daun pisang. Batang daun pulangnya di potong terus bisa jadi media untuk menggambar dengan cat air titi joyco.

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata bubble wrap bisa berguna juga ya mbak Aya...memang terkadang ide kreatif itu banyak disekitaran kita, hanya saja bagaimana cara kita menuangkan ide-ide itu..
    Makasih mbak Aya..bisa buat bahan bermain anak-anak selama stay at home ini..

    ReplyDelete
  9. Seru banget kegiatan dirumahaja bareng keluarga apalagi ada joyko dan titi teman mewarnai dan mengambar anak anak

    ReplyDelete
  10. Wah kreatif nih idenya. Apa lagi buble wrap itu. Biasanya dibuang aja setelah puas ditekan sampe bunyi.

    ReplyDelete
  11. inspiring banget yg ngelukis pake bubble wrap itu. gak kepikiran lohh.. ternyata selain utk bungkus paket, bisa jadi alat ngelukis juga.

    ReplyDelete
  12. Asik bangetttt! Mewarnai ini termasuk juga ke eksplorasi perasaan ya Mbak, aku belom pernah nyoba sih mewarnai bubble wrap yang biasanya kebuang aja. Paling suka mewarnai pake pensil warna doang, umur segini juga masih sering, untuk stress release.

    ReplyDelete
  13. Baca ini jadi kepingin punya anak. .. (Uuuppsss)

    Maksudnya biar bisa cepet mraktekin ide-idenya ini, Mbak. .

    Hehehe. .terima kasih ya sudah berbagi

    ReplyDelete
  14. Keren euy ide-idenya. Bisa main sama anak #dirumahaja dan seru! Bisa banget dicoba pas ada anak! Hehe

    ReplyDelete
  15. Wah reskia pernah nonton di Upin-ipin yang Art hand printing, keren banget. Padahal mah sederhana yakan, cuman di ceplok tu tangan dan tempelin dah. Tapi, yang bikin seru itu ya saat nyeplokin itu tadi wkwk

    Duh jadi pengen, maen kek gitu bareng anakku nantinya *ehe halu nih

    ReplyDelete

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh