Monday, 6 May 2019

Skuter Metic Pilihan Para Umek Palembang, Honda Scoopy atau Yamaha Fino?



Setelah menjalani profesi sebagai ibu rumah tangga, saya harus meluangkan waktu ke pasar paling tidak seminggu sekali untuk belanja kebutuhan pangan. Kebetulan rumah kami membutuhkan waktu 10 menit untuk menuju ke pasar. Otomatis, saya perlu kendaraan pribadi untuk menghemat biaya dan efisiensi waktu. 

Sebagai keluarga yang masih merajut perekonomian selama 4 tahun, kami baru memiliki 1 motor untuk berpergian. Kebetulan motor ini milik suami sejak kuliah dulu. Motor besar ala anak mahasiswa yang punya suara knalpot berisik dan tempat duduk yang sempit dan tinggi bagi penumpang.

Alangkah riwehnya kalau mau ke pasar. Sudah berulang kali saya minta suami untuk ganti dengan motor baru yang bisa saya pakai juga. Hingga suatu hari suami minta saya cari-cari info tentang motor yang saya sukai. Horeee.....!!

Kebetulan saya suka motor jenis skuter karena jok depan yang luas sehingga saya bisa nyaman bawa barang belanjaan atau saat anak duduk di depan. Tentunya motor seperti ini selalu menjadi dambaan para emak-emak seantero Palembang donk ya.

Tapi setelah menelusuri satu persatu, saya bingung memilih antara Honda atau Yamaha. Sementara keduanya punya produk motor skuter yang sama-sama ciamik, yaitu Scoopy dari Honda dan Fino dari Yamaha. Supaya gak bingung lagi, yuk kita coba bandingin tipe keduanya apa saja keunggulan dari masing-masing motor yang saya incar. 

Spesifikasi Mesin

Untuk Honda Scoopy, motor ini memiliki kapasitas sebesar 108,2 cc dengan tenaga maksimal 8,98 bhp. Sementara Yamaha Fino memiliki kapasitas 125 cc dengan tenaga maksimal sebesar 9,38 bhp. Bisa dibayangkan si Fino ini tenaganya kuat dan gesit sehingga sangat cocok digunakan di jalanan Palembang.

Tapi bukannya semakin tinggi kapasitas mesin akan semakin boros dalam penggunaan BBM ya? Jangan khawatir mak. Yamaha Fino memiliki fitur teknologi BlueCore dan Start Stop System (SSS) sehingga dijamin irit BBM dan memberikan performa mesin secara powerful. Fitur SSS ini membuat konsusmsi BBM semakin irit karena membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 menit dan menyala lagi saat tuas gas diputar.

            
Honda Scoppy memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 4 liter. Sementara  Yamaha Fino memiliki kapasitas tangki BBM sebesar 4,2 liter. Meski hanya berbeda sedikit, namun Yamaha Fino lebih diuntungkan karena mampu menampung BBM lebih banyak dan sangat cocok dipakai untuk bermanuver di  jalanan Palembang yang terkadang titik kemacetannya sukar untuk diprediksi.

Harga

Honda Scoopy all new varian umumnya dibanderol dengan harga kisaran 18,52 juta. Sementara Yamaha Fino dipasarkan dengan harga kisaran 18,06 juta. Dengan spesifikasi mesin dan teknologi canggih yang sama-sama disajikan oleh kedua motor ini, tentu Yamaha Fino bakal jadi incaran para ibu-ibu dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Honda Scoopy.

Fitur dan Teknologi

Untuk sistem keselamatan, Honda Scoopy dilengkapi dengan Answer Back System (ABS). Memiliki dimmer switch, alarm, engine check warning,  dan fitur keselamatan yaitu Combi Brake System (CBS). 
              
CBS merupakan sistem pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang sehingga penumpang bisa melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek atau dalam situasi mendadak.

Sementara itu, Yamaha Fino juga memiliki advance key system yaitu fitur canggih dengan fungsi ganda untuk menemukan lokasi dan membuka penutup kunci. Sistem ini juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan ABS yang dimiliki oleh Honda Scoopy.  

Pun juga fino memiliki sistem keamanan yaitu Smart Stand Side Switch untuk menghidari lupa menaikan standard samping. Selain itu, Yamaha Fino juga memiliki Smart Lock System (SLS). Sistem ini berfungsi untuk menahan motor yang berhenti pada jalan menanjak sehingga pengendara tidak perlu memencet rem secara terus-menerus. 

Smart Lock System pada Yamaha Fino

Tampilan

Desain motor Honda Scoopy pada dasarnya mengusung konsep desain bergaya retro modern. Penyematan velg baru 12 inch dengan ban lebih lebar dan lampu LED projector yang terintegrasi dengan desain oval bikin motor ini lekat dengan karakter fashionable dan stylish. Honda Scoppy memiliki 8 varian baru bertemakan sporty, stylish, dan playful yaitu playful white blue, cream, dan white green; sporty white, red, dan black, dan stylish matte brown dan black.

Sementara Yamaha Fino memiliki desain bodi motor yang retro elegan sehingga tampak begitu stylish dan klasik  yang cocok digunakan oleh para wanita yang identik dengan hal elegan. Lekukan bodi motor yang membentuk S-Shape dan tema Headlamp dengan desain Diamond Cut Lens bikin motor ini semakin cantik, mewah, dan memberikan kesan percaya diri bagi para penggunanya. Untuk pilihan warna, yamaha fino mengusung tipe premium, sporty, dan grande dengan varian warna caramel brown, black espresso untuk premiun, white latte, retro greenclassic blue, dan vintage red untuk sporty, dan luxury red dan blue matte untuk tipe grande. 

            

Tampilan Yamaha Fino dan Honda Scoopy memang tampak serupa namun tak sama. Semua bisa dikembalikan pada pilihan pembeli yang sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Kesimpulan

Dengan melihat keunggulan antara Yamaha Fino dan Honda Scoopy yang sudah dilampirkan, gak ada salahnya kalian memilih Yamaha Fino dengan kualitas yang premium, fitur-fitur yang unggul. Saya pribadi akan memilih Yamaha Fino karena harganya yang lebih melegakan dibandingkan Honda Scoopy namun kualitasnya tetap unggul dan juara

0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh