Tuesday, 19 February 2019

MENGUNJUNGI FIRE STATION BERSAMA IBU PROFESIONAL PALEMBANG


Sabtu, 20 januari 2019, Ibu Profesional Palembang mengadakan kegiatan Edutrip ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang. Acara ini diselenggarakan oleh devisi playdate, yaitu devisi yang mewadahi kegiatan-kegiatan edukasi anak dan para orangtua dari anggota Ibu Profesional Palembang.

Pukul 08.00 kami diminta berkumpul di kantor Airport Rescue & Fire Fighting. Kantor ini terletak di kawasan perkantoran bandara. Bersama 35 anak dan para pendamping mulai berkumpul di titik lokasi. Cuaca yang begitu cerah ditambah angin semilir membuat suasana kegiatan ini semakin menggembirakan.

Dari depan tampak mobil pemadam kebakaran berjajar dengan gagah dan rapi. “Tayoo..tayo...!!” teriak Archy saat melihat mobil pemadam kebakaran yang bewarna merah menyala itu. Anak-anak lain juga tampak ceria sambil mengamati si mobil. “Wah..keren..wah Frank..!!” sahut anak lainnya sambil menyebutkan tokoh mobil pemadam kebakaran dalam film Tayo, Frank.
Mejeng di depan Mobil pemadam kebakaran
Tampaknya anak-anak semakin tidak sabar menanti rentetan kegiatan yang akan mereka lewati. Para ibupun mulai turun tangan untuk mengondisikan anak-anak supaya tertib dan tenang. Ya harap maklum. Pesertanya adalah anak-anak dari berbagai lapisan usia. Mulai dari 2,5 tahun sampai 8 tahun. Bisa kebayang kan bagaimana riewehnya mereka.

Setelah terkondisikan dengan baik, para anggota dari airport rescue mulai menyiapkan diri untuk menyampaikan materi. Bapak-bapak berseragam jingga itu mula menyapa anak-anak dengan suara lantangnya. Berasa lagi upacara nih rasanya. Nyapanya udah kayak komandan pleton haha.

Bapak Taufik selaku komandan regu memperkenalkan anggotanya satu persatu. Kalau gak salah ada yang jabatanya sebagai laksana pratama, selebihnya kurang jelas. Mungkin laksana madya kali ya. Maklum-lah baru 5 menit menjelaskan saja, anak-anak suaranya lebih seru daripada pematerinya.

Yah, dengan style si bapak saat menjelaskan materi, memang lebih cocok didengarkan oleh para orang tua. Lumayan kan, orang tua jadi nambah pengetahuan. Kalaupun saat itu anak tidak fokus pada materi, orang tua bisa mereview ulang dengan metode yang lebih menarik saat di rumah hehe.

Dari materi pembuka yang disampaikan yang saya pelajari adalah syarat berdirinya suatu bandara yaitu harus mempunyai pertolongan kecelakaan penerbangan. Nah, karena lokasi di bandara maupun pesawat udara sangat riskan dengan berbagai kemungkinan kecelakaan, maka respon tim tidak boleh lebih dari 3 menit. Makanya kemarin terdengar ledakan kecil saja tim-nya sudah pada kocar kacir mencari sumber suara. Wih, mantap jaya kan.

Setelah penjelasan yang panjang lebar, perhatian anak-anak kembali terpusat ketika para tim memperagakan baju pemadam kebakaran. Waoo, sontak anak-anak ada yang menjerit ketakutan dan ada juga yang teriak kegirangan. Kalo Archy? dia termasuk yang teriak ketakutan. Dikira makhluk luar angkasa kali ya hahaa.
Baju pemadam kebakaran sekilas mirip dengan astronot


Para tim memperagakan baju pemadam yang terdiri dari 2 jenis pakaian pemadam kebakaran. Yang pertama baju yang diperagakan berupa baju hitam layaknya baju pemadam kebakaran pada umumnya. Dan baju yang kedua tampak seperti baju pemadam yang dilapisi alumunium. Bentuknya-pun seperti pakaian astronot.

Rupanya baju ini memang didesain khusus untuk mengatasi kecelakan yang ada di dalam pesawat udara. Nah baju inilah yang membuat anak-anak pada heboh ketakutan, kegirangan, dan bahkan ada yang minta salaman.

Usai pemaparan materi, anak-anak diajak untuk melihat bagaimana proses penggunaan air untuk memadamkan api yang menyala. Pun juga mereka diperkenankan untuk memegang selang air bersama-sama. Wah seru ya. Eits tapi ada yang lebih seru lagi lo kegiatan setelah ini.
Picture: doc IP palembang

Yes, acara yang paling dinanti-nanti oleh anak dan juga emak-emaknya adalah naik mobil pemadam kebakaran. Yeay, emaknya aja super heboh apalagi anaknya gitu kan. Semua anak sudah mulai berbaris rapi tak sabar menunggu giliran. Ya, karena memang mobil yang digunakan memang satu, jadi semua harus antri menanti giliran masuk.
Mobil pemadam kebakaran yang gagah perkasa

Archy yang belum menunjukan sikap mandiri selama kegiatan berlangsung, membuat saya sedikit berharap kalau dia juga tetap ingin naik mobil pemadam seperti anak-anak lainnya. Ayo donk please Archy, mama wanna make a great memory for you, ujar saya dalam hati. Alhamdulillah, saat kloter terahir tiba, dengan sedikit bujukan Archy pun mau ikut serta bersama saya. Yeayy..

Saat memasuki mobil, saya begitu terkesima dengan tombol-tombol yang ada di depan driver. Saya penasaran tombol apa sajakah itu, terutama tombol-tombol yang berwarna biru, kuning, dan ungu. Tombol biru berfungsi untuk mengeluarkan air ke pipa penyemprotan. Di setiap mobil pemadam terdapat 3 outlet untuk menyemburkan air, yaitu di bagian depan, bawah, dan samping.


Saat driver menombol biru, anak-anak tampak terkesima melihat semburan air yang keluar dari dalam pipa (emaknya juga gak kalah heboh ding wkwk). sementara untuk tombol bewarna kuning digunakan untuk menyeburkan busa. Busa disini merupakan alat untuk memadamkan api khususnya pada lokasi yang tertutup oleh minyak.

Sementara pada tombol ungu, tombol ini berfungsi untuk menyemburkan serbuk kimia. Mungkin serbuk ini digunakan pada kondisi kebakaran yang tidak bisa teratasi dengan air. Tentunya pada kunjungan hari ini memadamkan dengan busa dan serbuk kimia tidak dipraktekan oleh petugasnya, karena keduanya harus memiliki prosedur yang sangat ketat dan juga mahal.
Foto bersama sebelum ke bandara


Kegiatan terahir ditutup dengan simulasi check-in di bandara SMB II. Anak-anak belajar bagaimana proses masuk bandara. Mulai dari menaruh barang ke peralatan X-ray, memeriksakan diri di walk-through metal detector, dan mengamati bagaimana proses para calon penumpang melakukan check-in ke setiap maskapai yang digunakan.

Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 12 siang. Itu tandanya kegiatan playdate hari ini telah usai. Sebagai penutup, mbak Ina selaku ketua IP Palembang memberikan sedikit kenang-kenangan kepada tim bandara yang telah memperkenankan kami untuk melakukan kunjungan edukasi.

What a great day we are having! semoga kegiatan hari ini memberikan kenangan yang berharga bagi anak-anak dan orang tua. Terimakasih tim Playdate IP Palembang. Kita tunggu kegiatan playdate selanjutnya ya J




0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh