Wednesday, 13 February 2019

BELAJAR KONSEP UKURAN: AKTIVITAS ANAK USIA 2 TAHUN


Bunda, seperti artikel yang saya tulis sebelumnya, matematika selalu ada dalam kehidupan anak sehari-hari loh. Salah satunya adalah memahami konsep ukuran (besar-kecil, panjang-pendek). Konsep ini merupakan tahap yang perlu dicapai anak di usia 2 tahun.

Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan di rumah untuk mengajarkan anak mengenai perbedaan besar dan kecil. Tentunya banyak sekali benda-benda di rumah yang bisa dijadikan untuk media belajar. Sendok besar dan sendok kecil, piring besar dan piring kecil, dan masih banyak lagi.

Kali ini Archy ingin mengenal macam-macam anak hewan beserta induknya. Pasti lebih menyenangkan lagi jika kita buat puzzle bergambar anak dan induk binatang. Caranya mudah sekali loh bunda. Mari kita simak bahan yang diperlukan beserta cara mainnya.

Bahan yang diperlukan:
Printable anak dan induk hewan. Saya download di Farm Animal Puzzle
Gunting
Lem
Kardus susu bekas

Caranya:
Gunting  puzzle anak dan induk hewan yang sudah kita print out sesuai dengan pola.
Tempelkan diatas kardus
Gunting kardus mengikuti pola

Tada..mudah sekali bukan? setelah itu mari kita bereksplorasi bermain bersama si kecil.

“mama kucing, mana mama kucing? si anak kucing mencari kesana kemari huhuhu”ucap saya supaya Archy tertarik dengan permainana puzzlenya.

“Ini.....” Archy berteriak saat mempertemukan si anak kucing dengan induknya.

Permainan ini cukup membuat Archy bertahan duduk mencocokan puzzlenya satu persatu. Biasanya, jika permainan itu dirasa tidak disukai, ia segera beranjak pergi. Karena tak hanya bertujuan untuk mengenal konsep ukuran saja, namun anak juga menambah pengetahuan baru tentang binatang ternak.

Contohnya anak ayam rupanya tidak serupa dengan ayam ketika menjadi induk. Si anak ayam yang berwarna kuning saat besar ia akan berubah warna menjadi warna kecoklatan. Awalnya Archy tidak tahu jika si ayam kecil kuning itu adalah anak ayam. Tapi kini bisa mencari kemiripan lain dari paruhnya. Wow, menyenangkan sekali bukan?

Yuk, kita coba memainkan animal farm puzzle di rumah!

0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh