Saturday, 24 November 2018

TEMA BLOG YANG DISUKAI : BPN 30 DAY BLOG CHALLENGE

Awalnya saya mulai menulis blog pada tahun 2012. Itu karena saya banyak melihat beberapa referensi fashion hijab berasal dari blog. Mulai dari blog dian pelangi, siti juwariyah, suci utami, dan fashion blogger lainnya yang menginspirasi saya untuk menulis di blog.

Awal pertama kali yang saya tulis di blog adalah tulisan mengenai fashion. Kebetulan saat itu hijab fashion mulai digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain itu keterlibatan saya dalam komunitas hijab dan aktif membagikan tutorial hijab mendorong saya untuk menulis beberapa tutorial dan hijab fashion yang saya share di blog. Namun lama kelamaan minat saya dalam dunia hijab fashion semakin berkurang. Hal itu mulai saya rasakan ketika saya terlibat dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti student exchange, student summit, conference, yang menjadikan saya justru sedang doyan-doyanya menuntut ilmu sambil jalan-jalan. Ya, mulai saat itulah saya mulai rajin menulis tentang traveling di blog.

Beberapa tulisan yang pernah saya muat di blog adalah pengalaman saya ketika mengikuti student exchange di Thailand selama 10 hari. Kemudian saya rajin mengikuti postingan lonely planet yang mendorong saya untuk menulis tentang Laos beserta budayanya. Selain itu pengalaman saya saat mejadi Liasion Officer dalam Multistake Holder on Bangsamoro, Filipina juga menjadi serangkaian tulisan travelling yang saya muat di Blog.

Semakin lama saya tidak saja menulis tentang traveling, namun juga mengenai motivasi hidup. Pengalaman saya saat menemukan pasangan hidup, pengalaman spiritual, kebermaknaan hidup, semua saya tuangkan dalam blog saya dan Alhamdulillah rupanya sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan pembaca.
Mulai saat itu saya mulai bimbang untuk menentukan fokus utama saya dalam menulis blog. Tapi kata bang Tere Liye, untuk menemukan tema tulisan yang kita sukai, lebih baik kita terus menerus untuk konsisten menulis. Menulis dengan tema apapun. Kemudian setelah 1 tahun menulis, baru kita mulai mengamati, tema apa yang paling banyak kita tulis. Dan rupanya saya mulai menemukan bahwa tema tentang psikologi pendidikan lah yang paling banyak saya tulis.

Mulai saat itu, saya mulai memantapkan hati untuk menentukan tema psikologi pendidikan dan perkembangan anak sebagai fokus tulisan saya di dalam blog.

#bpn30daychallenge2018 #bloggeperempuan #bpnnetwork #blogger #bloggingchallenge #blogging

0 comments:

Post a Comment

Yakin gak mau BW? Aku suka BW balik loh